Ambon_PPID, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan publik yang berkualitas dengan mendorong setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk melakukan inovasi.
Hal ini diungkapkan Penjabat Walikota Ambon, Ir. Frans J. Papilaya, M.Si dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Sekretaris Kota Ambon bidang Administrasi Umum, R. Soplanit, SH, MH saat membuka penyelenggaraan Sosialisasi Inovasi Pelayanan Publik, Senin (14/11) di Pacific Hotel, Ambon.
Dikatakan, pelayanan publik pada dasarnya merupakan tolak ukur kinerja pemerintah yang paling kasat mata, dimana masyarakat dapat menilai langsung kinerja pemerintah berdasarkan pelayanan publik yang diterimanya. Untuk itu, kualitas pelayanan publik di semua lembaga pemerintah merupakan hal mendasar yang harus segera ditingkatkan.
Diakuinya, penyelenggaraan pelayanan publik di kota Ambon hingga saat ini belum memenuhi harapan dan tuntutan masyarakat yang semakin meningkat akan pelayanan yang berkualitas, baik dari sisi sumber daya manusia, maupun sistem pelayanan publik yang inovatif, efesien, dan tepat.
Olehnya itu, diharapkan dari kegiatan yang terselenggara atas kerjasama Pemkot Ambon dan Lembaga Administrasi Negara (LAN) ini, akan terbentuk Laboraturium Pelayanan Publik dalam rangka menciptakan sebanyak mungkin inovasi pelayanan publik dengan tujuan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat melalui inovasi yang dihasilkan. Hal itu, dapat dimulai dengan membangun budaya One Agency One Innovation atau satu SKPD dapat menciptakan satu Inovasi setiap tahun.
Kegiatan sosialiasi pelayanan publik yang digelar selama 3 hari ini, diikuti oleh puluhan ASN perwakilan dari tiap SKPD di lingkup Pemkot Ambon. (DL)