Perkuat Tata Kelola Keuangan Daerah Berbasis Digital, Pemkot Luncurkan “Si Lapard”

AMBON, PPID – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bekerja sama dengan Bank Maluku-Malut resmi meluncurkan Aplikasi SI LAPARD (Sistem Informasi Laporan Penerimaan Daerah) sebagai inovasi untuk memperkuat transparansi dan efisiensi pengelolaan keuangan daerah berbasis digital. Peluncuran berlangsung di Ruang Vlissingen, Balai Kota Ambon, Selasa (14/10/25).

Dalam sambutan, Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, menegaskan bahwa peluncuran SI LAPARD merupakan langkah penting menuju transformasi digital tata kelola keuangan di Kota Ambon.

“Kita sementara ada dalam sebuah era yang menuntut kita untuk melakukan penyesuaian terhadap tuntutan di era digitalisasi. Kalau kita ingin tetap eksis dan terus memastikan kemajuan menjadi milik kita, maka penyesuaian itu mesti segera dilakukan, yaitu beralih dari sistem manual ke sistem digital,” ujar Wali Kota.

Lebih lanjut, Wali Kota menjelaskan bahwa kehadiran SI LAPARD akan membantu pemerintah memantau penerimaan daerah secara langsung sehingga proses evaluasi dan perbaikan dapat dilakukan dengan cepat.

“Aplikasi SI LAPARD ini menjadi salah satu inovasi yang turut membantu kita dalam meningkatkan indeks digital di Kota Ambon, sekaligus memastikan penerimaan daerah dapat dipantau setiap waktu. Dengan demikian, evaluasi dan perbaikan bisa segera dilakukan agar tata kelola keuangan semakin efektif dan akuntabel,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Bank Maluku-Malut, Abidin, menegaskan komitmen pihaknya untuk mendukung penuh upaya digitalisasi yang dilakukan Pemerintah Kota Ambon.

“Kehadiran SI LAPARD merupakan langkah strategis dalam upaya elektronifikasi transaksi pemerintah daerah, mentransformasi penerimaan dan pembayaran daerah dari sistem manual menjadi digital,” ujarnya.

Melalui SI LAPARD, seluruh transaksi penerimaan daerah kini dapat tercatat secara real time, dengan dukungan kanal pembayaran digital seperti QRIS, M-Banking, ATM, dan M-POS. Hal ini memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak dan retribusi di mana pun berada, sekaligus mempercepat penerapan Smart Governance di Kota Ambon.

Kegiatan peluncuran turut dihadiri oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Kepala OJK Provinsi Maluku, Direktur Kepatuhan Bank Maluku-Malut, serta jajaran pimpinan perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kota Ambon.

Melalui kerja sama ini, Pemkot Ambon menegaskan komitmennya untuk terus berinovasi dan memperkuat sistem pemerintahan berbasis digital, dengan tujuan mewujudkan Ambon sebagai Kota Cerdas yang transparan, akuntabel, dan adaptif terhadap perkembangan teknologi.(MCAMBON/NP)