AMBON, PPID – Dalam rangka mewujudkan pelestarian nilai luhur Pela – Gandong sebagai jati diri masyarakat Maluku, maka SMP Negeri 9 Ambon, dan SMP negeri 21 Maluku Tengah (Malteng) melaksanakan Panas Pela Pendidikan, Sabtu (8/11/25) di SMP Negeri 9 Ambon, Kelurahan Lateri.
Wakil Wali Kota (Wawali) Ambon, Ely Toisutta, dalam sambutannya pada kegiatan tersebut mengatakan, dalam konteks pendidikan, ikatan Pela – Gandong menjadi dasar penting dalam membangun generasi muda – generasi muda yang menghargai perbedaan, menumbuhkan toleransi, dan menjunjung tinggi nilai persatuan.

“Hal ini menjadi contoh positif untuk perlu dikembangkan di sekolah sebagai pelerstarian budaya kearifan lokal untuk menjaga perdamaian. Sehingga peserta didik dapat memahami konsep ikatan Pela – Gandong tersebut dengan rasa kebersamaan orang basudara,” ujarnya.
Wawali menekankan, kegiatan ini bukan seremonial atau tradisi adat semata, tetapi merupakan wujud nilai-nilai persaudaraan dan semangat gotong royong yang telah diwariskan oleh para leluhur kita di tanah Maluku.
“Melalui kegiatan ini, dua sekolah yang ber-Pela yakni SMP Negeri 9 Ambon dan SMP Negeri 21 Malteng tidak hanya mempererat hubungan ikatan sosial, tetapi juga, memperkuat kolaborasi dalam dunia pendidikan dan kebudayaan yang telah dijalin sebelumnya,” tambah Toisutta.
Ia mengakui, panas pela pendidikan sebagai bentuk transformasi baru atas kepentingan kepedulian dan perdamaian yang menargetkan pada sekolah dan siswa sebagai subjek perdamaian di masa akan datang.
Olehnya itu, di tangan generasi muda SMP Negeri 9 Ambon dan SMP Negeri 21 Malteng menjadi titik temu dan juga sebagai ikhtiar untuk menjaga perdamaian di Ambon-Maluku.

“Saya berharap kegiatan ini tidak berhenti sampai disini, bisa menjadi program yang berkelanjutan dan kita terapkan di sekolah-sekolah yang lain. pemerintah kota ambon terus berkomitmen dan mendukung setiap upaya yang menguatkan identitas budaya dan perdamaian di dunia pendidikan, karena disinilah pondasi masa depan daerah dibangunm” harap Wawali. (MCAMBON/RA)
