Kaya Hadiri Acara Puncak Peringatan Hari Anak

AMBON,PPID– Pj. Wali Kota, Dominggus N. Kaya, menghadiri acara puncak perayaan Hari Anak Nasional yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak, Masyarakat dan Desa (DP3AMD), bersama dengan Forum Anak (FA) Kota Ambon, di Marina Hotel, Selasa (23/7/24).

Peringatan Hari Anak Nasional ini mengusung tema “Anak Terlindungi Indonesia Maju”, dan Sub Tema “Baku Kele kalesang Anak di Era Digital” dengan salah satu tujuan yakni; menggiatkan peran anak sebagai pelopor dan pelapor dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Kaya dalam sambutannya menyampaikan kemajuan teknologi di era digitalisasi ini banyak menuai konsekuensi yang tidak terduga, sehingga pengawasan terhadap penggunaan teknologi oleh orang tua perlu ditingkatkan, serta memberikan edukasi yang cukup bagi kedua pihak agar mamu memnafaatkan kemajuan yang terjadi disaat ini.

Katanya, forum anak kota ini dapat menjadi pelapor dan pelopor guna mewujudkan tujuan tersebut guna memberikan kontribusi terbaik untuk pemenuhan hak-hak ank-anak yang berada di kota ini.

“Anak sebagai generasi penerus Bangsa perlu dilindungi dan didukung agar tumbuh sebagai manusia dewasa yang berjiwa Pencasila. Begara menjamin pemenuhan hak untuk berpartisipasi serta menyampaikan pandangan sesuai usia dan tingkat kematangannya dan perlindungan dari segala bentuk kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan yang salah melalui forum anak,” jelasnya.

Lanjut Kaya, pemerintah akan tetap memperhatikan kebutuhan anak-anak, serta kita juga akan menindak lanjuti hal penting yang disuarakan, yakni pengawasan penjualan rokok pada anak dibawa umur, guna menjaga kesehatan generasi muda bangsa.

“Yang penting soal rokok, karena memang saya juga pernah melihat beberapa hal terkait dengan rokok yang dikonsumsi oleh anak-anak di bawah umur. Untuk itu akan kami tindak tegas agar tidak merugikan generasi muda bangsa kami,” tandasnya.

Kaya berharap, melalui FA kedepan seluruh anak-anak di kota ini dapat mengembangkan potensi diri melalui kegiatan-kegiatan yang positif, kemampuan dan kecerdasan yang semakin meningkat, serta kreativitas agar mereka dapat menampilkan versi terbaiknya.

Untuk diketahui, Kaya juga telah melantik pengurus FA Kota Ambon Periode 2024-2026, berdasarkan SK Walikota Nomor: 1598 Tahun 2024. (MCAMBON)

 

Please follow and like us:

Comments are closed.