Pemkot Matangkan Pelaksanaan PIN Polio 2024

AMBON,PPID – Pemerintah Kota (Pemkot) akan melaksanakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio secara serentak yang dimulai pada 23 Juli 2024 mendatang.

Mematangkan pelaksanaan pemberian imunisasi digelar rapat konsolidasi yang dipimpin oleh Pj. Wali Kota, Dominggus N. Kaya, serta turut dihadiri Pj. Ketua Tim Penggerak (TP) PKK, Para pimpinan OPD, Camat, Kades/Raja/Lurah, dan para Kepala Sekolah, Jumat (12/7/24) di ruang Rapat Vlissingen, Balai Kota.

Pj. Wali Kota usai rapat berharap semua stakeholder akan dapat bekerja bersama  bersinergi menyukseskan PIN Polio.

“Target imunisasi ini adalah anak usia 0 – 7 tahun, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya, itu berarti semua posyandu dilakukan PIN dan di sekolah Dasar (SD) terutama di kelas 1 dan mungkin juga di kelas 2,” ujar Kaya.

Diungkapkan, rapat tersbut selain untuk konsolidasi kesiapan stakeholder, namun juga untuk pemutahiran data anak –anak yang akan diimunisasi.

“Di puskesmas dan posyandu data sudah siap, tapi SD belum tuntas, ada 51 sekolah yang belum masukan data sehingga kita perlu kerja keras, inisasi lagi guna mendapatkan data tersebut, agar Dinas Kesehatan dapat menyiapkan micro planning berapa kebutuhan real kita,” terangnya.

Pj. Wali Kota menghimbau bagi para orang tua untuk turut berpartisipasi dalam program ini dengan membawa anak – anak untuk diimuniasi,sebab penyakit ini tidak dapat disembuhkan dan dapat menyebabkan cacat seumur hidup.

Imunisasi ini tidak berbahaya dan tidak ada dampak bawaan sebab hanya diberikan dengan cara diteteskan ke mulut anak, sehingga saya himbau para orang tua untuk dapat bekerjasama membawa anak – anaknya untuk diimunisasi,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, drg. Wendy Pelupessy dalam laporannya memaparkan, target capaian PIN Polio 2024 di Kota Ambon yakni 95 persen, dengan jumlah estimasi yang akan di imunisasi yakni 47.309 anak.

“Progam ini sendiri akan dicanangkan oleh Pj. Wali Kota pada tanggal 23 Juli di 2 (dua) Lokasi berbeda yakni di Kompleks SD P&K Jalan Pattimura, dan di Puskesmas Desa Hunut/Durian Patah, Kecamatan Teluk Ambon,” pungkasnya.  (MCAMBON)

Please follow and like us:

Comments are closed.