Masuki Usia Ke-448, Ambon Jadi Kota Layak Huni

AMBON, PPID – Memasuki usia ke 448 Tahun Kota Ambon telah menjadi kota yang layak huni.

Demikian disampaikan Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, dalam Pidato Pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Ambon dalam rangka HUT Ke-448 Kota Ambon, Selasa (6/9/23) di Baileo Rakyat Belakang Soya.

“Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon sudah berada pada jalur yang tepat, untuk mewujudkan Ambon sebagai kota yang layak huni,” ungkapnya.

DHal tersebut, ujarnya, ditunjukkan oleh hasil survey dari ikatan ahli perencanaan indonesia.  survey  yang dilakukan untuk mengukur indeks kota paling layak huni atau Most Livable City Indeks,  yang baru dirilis pada bulan April tahun 2023.

Berdasarkan hasil survey itu, Kota Ambon, memiliki nilai indeks kota paling layak huni, yang tinggi yaitu sebesar 71 point.

“Angka tersebut  bahkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan beberapa kota besar lainnya di indonesia, seperti kota Tangerang, Surabaya, Denpasar, maupun  Makassar,” terang Wattimena.

Diakuinya,  indikator dengan indeks layak huni tertinggi di kota Ambon adalah fasilitas peribadatan, fasilitas pendidikan, politik kota, fasilitas kesehatan, serta tingkat kesehatan kota.

“Sedangkan indeks dengan indikator terendah, yang  perlu mendapat perhatian untuk dibenahi kedepan, adalah tingkat keselamatan kota, informasi dan partisipasi publik, sektor informal kota, fasilitas pejalan kaki serta fasilitas kesenian dan kebudayaan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Ambon, Selain diikuti Pimpinan dan Anggota DPRD, juga Unsur Forkopimda Kota Ambon, Sekretaris Kota (Sekkot) Agus Ririmasse bersama pimpinan OPD, Pj. Ketua TP – PKK, Ketua DWP, Tokoh Masyarakat, Pemuda dan Pimpinan Media.  (MCAMBON)

 

 

 

 

 

Please follow and like us:

Comments are closed.