Identifikasi Penyebab Stunting ,Pemkot Gelar Diseminasi

AMBON,PPID – Pemerintah Kota (Pemerintah) Kota Ambon melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (DPPKB) bersama Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dan TP –PKK Kota Ambon melaksanakan Diseminasi Kasus Stunting pada 5 (lima) Kecamatan di Kota Ambon.

Pj. Ketua TPP – PKK Kota Ambon, Lisa Wattimena, menjelaskan, kegiatan yang telah dilaksanan selama 5 hari ini, dilakukan guna indentifikasi penyebab Stunting.

“Dari hasil identifikasi dilakukan analisis guna memberikan rekomendasi sebagai upaya pencegahan Stunting,” kata Wattimena, Kamis (3/8/23) di Desa Passo Kecamatan Baguala.

Terkait hasil diseminasi yang dilakukan, Wattimena akui ada bebrapa penyebab dominan stunting diantaranya Pola Asuh yang salah, Sanitasi, dan Faktor Ekonomi.

“Dari hasil yang kami temui, penyebab Stunting itu sendiri diantaranya polda asuh yang salah, sanitasi, dan faktor ekonomi rendah menjadi masalah yg paling dominan. Ini menjadi tanggung jawab bersama, perlu kerja keras, sinergitas dan kolaborasi untuk sama – sama  menyelesaikan permasalahan ini,” bebernya.

Selaku Wakil Ketua TPPS, Wattimena berharap, dari kegiatan ini memberikan peluang bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk  dapat memberikan intervensi yg tepat sasaran dan tentunya berdampak positif bagi penurunan angka stunting.

Di tempat yang sama, Kepala DPPKB, J. W Patty, mengungkapkan, Kegiatan Diseminasi Kasus Stunting yang dilakukan turut melibatkan Camat, aparatur Desa/Negeri, Puskesmas, Dokter Anak, Obgyn, Psikolog, Tenaga Gizi, Penyuluh KB dan PKK kecamatan, Desa/Negri.

“Turut terlibat Babinsa dan Babinkamtibmas, sehingga kolaborasi ini turut memberikan motivasi bagi Desa/Negeri dan Kelurahan untuk meningkatkan partisipasi anak – anak dalam Posyandu,” terang Patty.

Ditambahkan dari desiminasi yang dilakukan, ada rekomendasi dari pakar yakni tenaga gizi klinik, dokter anak, psikolog, dan dokter Obgyn yang diberikan kepada Pj. Wali Kota. (MCAMBON)

 

 

 

Please follow and like us:

Comments are closed.