Buka Festival Jukulele Leitisel, Pj. Wali Kota : Kembangkan Kemampuan Kognitif

AMBON,PPID – Jukulele sebagai alat musik khas Maluku harus terus dikembangkan bukan hanya sekedar untuk dimainkan, tapi juga untuk pengembangan kemampuan kognitif anak.

Hal ini disampaikan oleh Pj. Wali Kota, Bodewin M. Wattimena, ketika membuka Festival Jukulele Tingkat Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel), Selasa (25/7/23) di SMP Negeri 8 Hutumuri.

“Kita mendorong Jukulele  dimana – mana, ini menjadi cara kita membangun bakat dan talenta di kota Ambon. Dampaknya bukan kemahiran memainkan alat musik, saja, tetapi membangun kemampuan kognitif, afektif, motorik, semua ikut berkembang bahkan membangun kerjasama, menahan keegoisan, bersabar dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Dikemukakan, festival Jukulele yang dilaksanakan oleh TP – PKK  bersama Dinas Pendidikan dan Ambon Music Office (AMO) pada 5 (lima) kecamatan, memberikan ruang bagi peningkatan kreatifitas anak, sekaligus ajang untuk anak –anak bisa meningkatkan kapasitas dan kualitas mereka dalam bermusik.

“Percuma kita dorong anak – anak main Jukulele, tapi tidak ada lomba – lomba seeprti ini maka tidak ada target yang ingin dicapai.  Tanpa target tidak mungkin ada peningkatan skill dan kualitas,” terang Wattimena.

Menurutnya, peningkatan kualitas anak –anak dalam bermusik juga tidak lepas dari penerapan kurikulum musik sebagai muatan lokal dalam pendidikan dasar serta menengah di kota Ambon, yang telah diterapkan pada 10 Sekolah sebagai piloting project, termasuk SMP Negeri 8 Hutumuri.

Olehnya itu, dari peningkatan kualitas tersebut, dapat digunakan untuk mendukung sektor pariwisata di Kota Ambon, dimana kecamatan Leitisel masih menyimpan potensi besar pariwisata.

“Leitisel punya potensi besar. Sehingga pengelolaan pariwista tidak dilakukan dengan cara konvensional tetapi dengan Artifisial Tourism, yakni Pariwisata yang dipadukan dengan musik. Sehingga kompetisi yang kita buat untuk peningkatan kualitas, pada waktunya akan mengembangkan Parisiwata sebagai sektor andalan dan juga musik sebagai icon kita hari ini,”tandasnya.

Untuk diketahui, Festival Jukulele Kecamatan Leitisel, menjadi ajang yang terakhir dilaksanakan tingkat kecamatan, menyongsong HUT Kota Ambon ke 448 pada 7 September mendatang. Kegiatan ini dalam penyelenggaraanya turut didukung oleh para Raja negeri – negeri yang ada di kecamatan tersebut. (MCAMBON)

Please follow and like us:

Comments are closed.