Pemkot Raih MI Award 2023 Kategori Inovasi Daerah Terbaik

AMBON, PPID  – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon berhasil meraih juara  pertama kategori Inovasi Daerah terbaik dalam Maluku Inovation (MI) Award 2023.

Penyerahan Piala MI Award, dilakukan oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail, kepada Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena dan para pemenang lainnya, di sela – sela Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan – Rencana Kerja Pembangunan Daerah (Musrembang RKPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Tahun 2024 yang digelar di Hotel Santika Premiere, Kamis (13/4/23).

Wattimena ketika ditemui usai kegiatan mengatakan, penghargaan tersebut adalah bonus dari kerja keras yang dilakukan Pemkot selama ini.

“Saya tidak pernah menargetkan penghargaan, yang saya ingin adalah seluruh OPD di lingkup Pemkot dapat mengembangkan inovasi dalam rangka kita mempercepat proses pembangunan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Itulah yang menjadi tugas kita,” ujarnya.

Dirinya merinci, kota Ambon mengirimkan 5 (lima) inovasi untuk mendapatkan penilaian, namun hanya 4 (empat) yang masuk nominasi, dan satu inovasi yang  membawa Pemkot meraih predikat juara pertama.

Inovasi – inovasi tersebut diantaranya, menurunkan Inflasi, Jiku Bata (Sudut Balai Kota), Kalesang Kintal Kosong, Grab TBC, dan Kurikulum Musik.

“Menurut saya inovasi ini layak untuk juara semua, tapi kan satu saja yang harus menang ya kita bersyukur. Kita tidak pernah menargetkan juara, dan saya katakan kerja saja buat yang terbaik, kalau dinilai berhasil itu bonus bagi kita,” ungkapnya.

Wattimena menambahkan, persyaratan dalam penilaian inovasi yang diikut sertakan adalah inovasi tersebut harus sudah berjalan, dan memberikan dampak bagi masyarakat.

“Jadi kriteria penilaian inovasi tidak hanya dicanangkan, tapi sudah berjalan, dievaluasi, dampaknya besar baru bisa juara. Misalnya, untuk Kurikulum Musik kita sudah punya 15 sekolah pilot project,” beber Wattimena.

Dirinya berharap tahun depan akan banyak inovasi yang dilakukan oleh Pemkot melalui OPD, sebab inovasi menjadi salah satu indikator peningkatan kinerja.

“Semua OPD harus punya inovasi untuk tingkatkan kinerjanya, kalau dilakukan pasti bisa juara, asal inovasi tersebut berdampak pada masyarakat, baik itu peningkatan pelayanan publik, peningkatan ekonomi masyarakat, pokoknya semua untuk masyarakat,” tandasnya.

Untuk diketahui, Pemenang MI Award 2023 kategori Inovasi Daerah Terbaik tingkat Kabupaten/Kota, Juara 1 Kota Ambon, Juara 2 Kabupaten Maluku Tengah, dan Juara 3 Maluku Tenggara. (MCAMBON)

 

Please follow and like us:

Comments are closed.